Kades Dipinta Fokus Selesaikan Pembangunan

0
210

INDRAGIRI.com, KEMPAS – Para Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) yang baru dilantik diminta, untuk lebih fokus menyelesaikan pembangunan terutama yang menggunakan dana anggaran dari Pemerintah Pusat.

Permintaan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto dalam sambutannya usai melantik 5 Pj Kades di aula Kantor Camat Gaung, Sabtu 2 Juni 2018 kemarin.

Adapun 5 Desa di Kecamatan Gaung yang dipimpin oleh Pj Kades tersebut, yaitu Desa Gembira, Desa Pintasan, Desa Soren, Desa Terusan Kempas dan Desa Teluk Merbau.

Dikatakan Rudyanto, dengan dilaksanakannya pelantikan ini, maka tanggung jawab kepemimpinan dari mantan Kades di 5 Desa telah beralih kepada masing-masing Pj Kades.

“Ini sudah bulan Juni, waktu bekerja di bulan ini cukup singkat, karena beberapa hari lagi kita masuk masa cuti lebaran. Maka, maksimalkan kerja pemerintahan di desa saudara,” ujarnya,

Pj Bupati menjelaskan, hal yang perlu dilakukan di tahap awal kepemimpinan Penjabat Kepala Desa untuk memaksimalkan kerja pemerintahan adalah melakukan koordinasi dengan jajaran Pemerintahan Desa dan perangkat Desa lainnya.

“Tentu sangat disayangkan jika dana dari Pusat yang telah susah payah didapat, disia-siakan dengan tidak diselesaikannya pembangunan,” tukasnya.

Pembangunan yang tidak diselesaikan tersebut, dikatakannya, merupakan sebuah kerugian besar bagi masyarakat. Sebab, semua upaya mengakses dana Pemerintah Pusat memiliki tujuan akhir, yakni demi kemaslahatan masyarakat.

“Meski ini adalah tugas yang cukup berat bagi para Penjabat Kepala Desa karena harus menyelesaikan dalam waktu singkat, namun ini harus tetap dilaksanakan menjelang Kepala Desa definitif terpilih nantinya,” tambahnya.

Terpantau hadir dalam agenda Pj Bupati Inhil di Kecamatan Gaung saat itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Inhil, Tengku Juhardi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yulizal, Sekretaris Dinas Perhubungan, Nawawi, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Nursal, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Inhil, H Arifin dan Kabag Umum Setda Inhil, Ricky. (adv/diskominfo)