Pemkab Inhil Komit Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

0
226
Asisten I Setdakab Inhil Saat Membuka Rakerses 2018 (Foto : Diskominfo Inhil)

INDRAGIRI.com, TEMBILAHAN – Kesehatan adalah hak seluruh masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan menjadi kewajiban pemerintah untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu, mudah diakses dan terjangkau. Penyediaan pelayanan kesehatan ini, tidak terlepas dari upaya pemerintah secara terus-menerus meningkatkan pembangunan kesehatan termasuk di Kabupaten Indragiri Hilir.

Hal itu diungkapkan oleh Asisten I Setdakab Inhil – Darussalam mewakili Pj Bupati Inhil – Rudiyanto, saat membuka Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir 2018.

Dimana, Rakerkes tahun 2018 ini mengangkat tema “Aksi Bersama Mewujudkan Inhil Sehat dengan Percepatan Eliminasi Tubercolosis, Penurunan Stunting, Peningkatan Mutu serta Cakupan Imunisasi menuju Inhil Bebas Pasung”.

“Rapat kerja ini bukan forum pertemuan penyelengara kesehatan semata, namun diharapkan akan terjadi pertukaran informasi dan penyusunan kebijakan  bidang kesehatan dalam rangka mengantipasi masalah masalah kesehatan yang terjadi diInhil. Hal ini bertujuan, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ucap Darussalam.

Ipaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, terutama dalam percepatan eliminasi Tubercolosis, penurunan Stunting, peningkatan mutu serta cakupan imunisasi menuju Inhil bebas pasung ini, memerlukan dukungan lintas sektor. Dalam masalah eliminasi Tubercolosis (TBC), peran serta lintas sektor sangatpenting dalam mendeteksi atau penemuan kasus  TBC mendukung terciptanya lingkungan yang sehat dan menurunkan penularan kasus TBC.

Sementara itu, kasus stunting di Inhil masih tinggi sedangkan penaganan masalah Stunting baik masalah pencegahan maupun interpensi memerlukan peran lintas sector, terutama masalah kasus gizi terutama kasus pangan dan penyediaan air bersih dan sanitasi. (adv/diskominfo)