Raih Juara Tingkat Nasional, Toga Desa Intan Mulya Jaya Harumkan Nama INHIL

0
77

INDRAGIRI.com, NEWS – Tembilahan, Lomba Tanaman Obat Keluarga atau lebih dikenal dengan istilah TOGA, yang berlangsung di Solo mulai dari tanggal 20 hingga 22 November 2019. Lomba tersebut diikuti oleh ribuan desa dari berbagai kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Desa Intan Mulya Jaya Kec. Pelangiran Prop. Riau.

Dalam ajang tersebut Desa Mulya Intan Jaya Kec. Pelangiran Kab. Indragiri Hilir Riau berhasil meraih Peringkat  3 (tiga) Nasional, sementara peringkat 1 di raih kabupaten Tamiang dan peringkat 2 di raih Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan.

“keberhasilan Desa Mulya Intan Jaya dalam meraih juara 3 tingkat Nasional pada kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan toga dan akupresur tingkat nasional tahun 2019 dalam kategori desa terpencil adalah kerjasama dan kerja keras seluruh elemen masyarakat”. sebut kepala desa intan mulya jaya Sumaji.

Penghargaan dari Menteri Kesehatan RI, diserahkan oleh direktur jenderal pelayanan kesehatan kemenkes RI dr. Bambang Wibowo, Sp.OG, MARS, turut hadir pada penyerahan penghargaan tersebut wakil Bupati Inhil H.Syamsuddin Uti dan Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin.

Tanaman obat keluarga atau yang disingkat TOGA merupakan tanaman hasil budidaya rumah yang berkhasat sebagai obat. (dikutip dari Wikipedia) Tanaman obat keluarga ditanam di sekitar rumah seperti di halaman, kebun, atau ladang bahkan ada yang ditanam di dalam pot. Tanaman obat dikenal juga dengan istilah apotik hidup karena dengan menanam tanaman obat tersebut kita seperti memiliki apotik sendiri.

Ada baiknya kita memiliki tanaman obat di rumah, baik yang bisa ditanam di halaman rumah atau di alam pot-pot kecil, untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang kaya akan sumber tanaman obat yang bisa kita budidayakan sendiri. Selain itu tanaman obat dapat menjadi tanaman hias yang dapat mempercantik rumah kita. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here