Menapis Makna Di Setiap Kesedihan | Dr. Shabri Shaleh Anwar, M.Pd.I

0
398
Foto : Sabri Saleh Anwar (Koleksi Foto Pribadi)

“Dan siapa yang menyehatkan rohaninya, maka Allah menyehatkan jasmaninya “ ( HR. Al – Hakim )

Hidup akan menjadi indah ketika di jalani dengan  penuh keikhlasan, ketaqwaan dan ketulusan. Kesedihan akan menjadi tak bermakna ketika di maknai dengan sebuah motivasi. Ada banyak hal dari kehidupan ini yang terkadang  membuat kita bertanya berkali – kali dengan pertanyaan, Mengapa ?.

Ada banyak hal dari kehidupan ini yang terkadang membuat kepala kita berputar pusing, berputus asa dan tenggelam dalam kesedihan. Ada banyak hal dari sisi – sisi kehidupan ini  yang terkadang menjadikan kita terdiam seribu bahasa, merunduk dan menangis meratapi kesedihan.  Lalu,  haruskah kita terus tenggelam, tanpa mencoba untuk menapis makna yang terselip diantara celah – celah kesedihan. Haruskah kita terus meratapi kesedihan tanpa mau bertindak untuk mencari solusinya.

Semua orang pasti pernah merasakah sedih. Hanya saja kadar kesedihan tiap – tiap orang selalu berbeda. Mungkin ada orang sedih karena kehilangan uang, barang berharga, terkena musibah banjir, gempa, orang tua yang otoriter atau mungkin, sedih karena di tinggal kekasih. Di setiap perjalanan hidup seseorang selalu berjabat tangan dengan kesedihan. Tapi, yang terpenting adalah bagaimana kita mencari makna dari setiap kesedihan yang kita alami atau menemukan hikmah dari setiap kesedihan yang kita rasakan. Karena di setiap duka yang kita alami pasti tersimpan hikmah yang bukan tidak mungkin akan menjadi satu pelajaran yang sangat berarti, pun di setiap suka yang kita rasakan juga bukan tidak mungkin itu adalah satu cobaan.

Lalu, bagaimana kita menemukan makna dari setiap kesedihan yang kita alami. Tentu pekerjaan yang satu ini juga harus dengan ilmu. Menurut pemikiran hemat kami, untuk menemukan makna dari kesedihan yang kita alami yaitu dengan menanamkan kesadaran bahwa segala yang kita alami adalah ujian atau cobaan dari Tuhan, yang pasti ada hikmah dan kebaikan untuk kita, tanpa harus mengomel, menyalahkan diri sendiri atau orang lain.   Di samping itu juga hendaknya kita mencari jalan untuk menenangkan atau mencari solusi terhadap kesedihan yang kita alami.

Banyak orang yang ketika kesedihan mengunjungi perasaannya, mereka mengambil jalan minum – minuman, merokok, narkoba dll. Tapi, jalan seperti ini tentulah jalan penyelesaian yang sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam. Bahkan tanpa kita sadari ketika penyelesaian seperti ini yang kita ambil, kita bukan saja merasa sedih tapi sedikit demi sedikit kesehatan kitapun terenggut. Betapa ruginya kita, karena kesehatan adalah faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan seseorang.  Kenapa kita tidak mencari jalan penyelesaian dengan jalan yang menguntungkan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mungkin dengan menonton cerita – cerita humor, bermain musik, membaca, berekreasi, memberi sedekah, menolong orang lain,  berolah raga, mengerjakan pekerjaan yang kita suka ( hobby kita ), curhat dengan teman yang dapat di percaya, berdo’a, menulis atau  dengan Lebih mendekatkan diri kita kepada Sang Khalik.     Semua tergantung kepada kita, jalan mana yang mau kita tempuh untuk menenangkan kesedihan yang kita alami. Namun, agama Islam telah memberikan begitu banyak solusi terhadap masalah ini.

“Aku tidak akan menenangkan hati mereka, kecuali dalam berzikir mengingat – Ku. Berzikir dalam mengingat – Ku menjadi obat penawar kegelisahan hati mereka“( Hadis Qudsi ).

Manusia sebagai mahluk yang mulia dari semua makhluk yang di ciptakan oleh Allah, memiliki satu kekuatan besar yang bisa ia manfaatkan ketika ia mengalami kesulitan dan kesedihan. Kekuatan yang dimiliki oleh manusia itu adalah kekuatan memilih ( The power of choice ). Sebagai contoh, ketika kita terjerat di suatu jalan yang padat untuk beberapa waktu yang lama, mungkin kita tidak bisa membuat jalan kembali lancar atau mulus. Tapi, kita bisa MEMILIH.

Ada orang yang memilih dengan mengomel, ada juga yang baca koran bahkan ada yang belajar bahasa Inggris lewat CD mobilnya, sehingga ia mampu berbahasa Inggris dengan lancar. Atau kita sedih karena di tinggal oleh kekasih yang terbukti menduakan kita. Mungkin kita tidak bisa membuat dia kembali kepada kita, tapi sekali lagi kita bisa memilih. Mungkin dengan mencari pengganti yang lebih baik atau memilih untuk ngejomblo dengan berbagai aktivitas yang di ikuti atau kita bisa memilih untuk kembali mengejar cita – cita kita yang kita impikan dengan menjadikan kesedihan sebagai batu loncatan atau motivasi baru.

Dengan kata lain, kesedihan akan menjadi tak bermakna ketika kita maknai dengan motivasi. Kesedihan yang kita alami, entahkah apa nama dari kesedihan itu. Maka cobalah jadikan kesedihan itu sebaai batu loncatan kita untuk mencapai target atau cita – cita yang kita inginkan. Sehingga sebanyak apapun kesedihan itu datang mengetuk pintu hati kita maka sebanyak itu pula motivasi akan timbul dalam hati kita. Mari mencari makna di setiap kesedihan, menemukan hikmah dan pelajaran yang berarti untuk masa depan. Allahu ‘Alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here