Sosialisasi Pendidkan Pemilih di SMAN 1 Mandah

0
162

INDRAGIRI.com,┬áMANDAH – Relawan Demograsi Pemilihan Umum bersama PPK, PANWASLU Kec. Mandah menggelar sosialisasi, pendidikan, bagi pemilih pemula dan para orang tua yg lanjut usia serta umum.

Sosialisasi ini dinilai penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat dalam menggunakan hak suaranya di pemilu serentak pada 17 April 2019 nanti.

“Sosialisasi ini penting bagi kita semua agar kita, khususnya para orang tua lanjut usia dan pemilih pemula, tahu nanti bagaimana caranya ketika datang memilih ke tempat pemungutan suara (TPS) harus bagaimana memilih yang baik dan menemui siapa,” kata salah seorang Relawan Demograsi, saudara Muslim saat ditemui di SMA 1 Mandah saat gelar sosialisasi kamis (14/2/2019).

Dihadapan para pemilih pemula, Muslim dan Pk. Mansur dan kawan PPK, PANWASLU lainnya menyampaikan sejumlah informasi terkait pemilu.

Misalnya, akan ada lima surat suara yang dicoblos, perbedaan kode warna setiap surat suara, hingga calon-calon yang dapat dipilih di pemilu, mulai dari caleg DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, hingga capres-cawapres.

Muslim Dkk juga mengajak para pemilih untuk mengenal dan menelusuri rekam jejak calon pemimpinnya, baik pasangan capres-cawapres maupun calon legislatif seta jangan sampai golput dan hangus.

Hal ini penting, kata Muslim, supaya pemilih tak menghabiskan waktu yang lama saat mencoblos di bilik suara.

Sosialisasi ini disambut baik oleh para pemilih di setiap titik yg mereka jadwalkan. Bagi kawan kawan PPK dan Panwaslu yang juga hadir dalam setiap acara, menilai, sosialisasi ini membantu pera pemilih untuk mendapat hak yang sama dalam pemilu serta dalam pencoblosan yg baik dalam arti suara yg dicoblos SAH tidak cacat.

“Terbentuk nya Relawan Demograsi ini adalah bentuk perhatian pemerintah terutama KPU agar pemilih mendapatkan pendidikan dalam pemilu 17 april nanti tingkat perhatian ini mengingat ada 5 surat suara yg harus dipilih dan hanya CAPRES CAWAPRES dan DPD yg memiliki gambar para calon sedangkan DPRRI, Provinsi, serta kabupaten hanya Logo Partai, nama dan No urut calon saja yg ada di surat suara.

Sebagai Relawan Demograsi ungkap saudara Muslim kami akan maksimalkan sampai selesai kontrak kami tanggal 17 april 2019. dan sampai hari ini sekitar 13 titik yang baru kami sosialisasikan selebihnya melalui Fb Twiter WA dan media online lainnya. (abu zahen)