Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Kompetisi Sains Madrasah 2024: Prestasi Siswa MA Al Ikhlas Membanggakan

Senin, 08 Juli 2024



INDRAGIRI.com, Guntung - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk membangun semangat kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2012, KSM telah menjadi sarana yang positif dalam membudayakan kompetisi. Pada tahun 2018, KSM mulai mengelaborasi sains dengan nilai-nilai Islam.


KSM 2024 dibuka untuk satuan pendidikan dari madrasah (MI, MTs, MA) dan sekolah umum (SD, SMP, SMA sederajat). Bidang yang dilombakan meliputi Matematika, IPAS, IPA Terpadu, IPS Terpadu, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi untuk kompetisi individu. Sedangkan untuk kompetisi beregu, bidang yang dilombakan adalah Sosial Sains Terpadu.


Pada tanggal 1 Juli 2024, MA Al Ikhlas Sungai Guntung mengutus empat siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti KSM individu tingkat Kabupaten Indragiri Hilir yang diselenggarakan di Tilok Al Ikhlas. Berikut adalah prestasi yang diraih oleh siswa MA Al Ikhlas:

  1. Sarina Helsa (Fisika) - Juara 1 (Lolos ke tingkat Provinsi)
  2. Selvi Aulia (Biologi) - Juara 3 dari 30 peserta
  3. Hanif Albab (Matematika) - Peringkat 16 dari 50 peserta
  4. Amalia Andini (Kimia) - Peringkat 18 dari 21 peserta


"Alhamdulillah, kami dari pihak sekolah merasa senang dan bangga atas pencapaian siswa-siswi yang mengikuti KSM Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir. Terlebih lagi, ada siswi kami yang berhasil meraih juara 1 dan lolos ke tingkat provinsi untuk mewakili Kabupaten Indragiri Hilir," ungkap Haryani, S.Fil.I, Kepala Madrasah MA Al Ikhlas.


Haryani menambahkan, "Semoga nantinya perwakilan dari Kabupaten Indragiri Hilir mendapatkan hasil yang terbaik pada KSM tingkat Provinsi. Aamiin."


Kompetisi Sains Madrasah 2024 tidak hanya menjadi ajang untuk mengukur kemampuan akademis siswa, tetapi juga menjadi platform untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Islam, membangun karakter, dan memotivasi siswa untuk terus berprestasi. (Rep/Leman)