Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 Kecamatan Kateman Resmi Dimulai

Sabtu, 27 Juli 2024

Staf Ahli Bidang SDM Pemda Inhil, H. Muammar Gaddafi

INDRAGIRI.com, Kateman -  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kecamatan Kateman resmi dimulai pada tanggal 27 Juli 2024. Acara pembukaan ini diawali dengan pawai Ta'aruf dan peresmian bazar yang dimulai pada pukul 14.00 WIB. Pawai Ta'aruf dilepas secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemda Inhil, H. Muammar Gaddafi, mewakili PJ Bupati Inhil.


Camat Kateman, H. Junaidi, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, "Insya Allah PJ Bupati Inhil akan hadir pada malam harinya untuk membuka secara resmi MTQ tingkat Kecamatan Kateman tahun 2024 ini."

Camat Kateman, H. Junaidi, S.Sos., M.Si


Ketua Panitia MTQ, Hary Sabirin, menjelaskan bahwa pawai ini diikuti oleh 3 kelurahan dan 8 desa. Setiap desa diiringi oleh drumband dari berbagai sekolah di Kecamatan Kateman. Rute pawai melewati Balai Rakyat, Puri Tujuh, Imam Subuh, Yos Sudarso, Hasanuddin, Jl. Jend. Sudirman, dan kembali ke Balai Rakyat.


Setelah pawai, acara dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim MTQ pada pukul 20.00 WIB, yang kemudian disusul dengan upacara pembukaan MTQ pada pukul 20.30 WIB di lapangan Balai Rakyat Sungai Guntung. Rangkaian acara pembukaan dimulai dengan tari persembahan, pembacaan doa oleh Drs. H. Syarkawi, M.Pd, serta pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Arzuliana.



Laporan ketua panitia pelaksana disampaikan oleh Hary Sabirin, diikuti oleh sambutan dari Ketua LPTQ Kecamatan Kateman, H. Zainal Abidin, S.Pd.I, M.Pd. Camat Kateman kemudian memberikan sambutannya yang diawali dengan penyerahan piala bergilir dari Desa Kuala Selat, juara umum MTQ ke-53 tahun 2023, kepada Camat Kateman yang didampingi oleh ketua panitia pelaksana dan Ketua LPTQ Kecamatan Kateman.


Acara juga meliputi pengukuhan Forum Kerukunan Umat Beragama Kecamatan Kateman periode 2024-2029 oleh PJ. Bupati Indragiri Hilir, yang diikuti dengan pembacaan naskah pengukuhan dan janji pengurus serta penandatanganan berita acara pengukuhan.


Puncak acara adalah sambutan PJ. Bupati Indragiri Hilir yang sekaligus membuka secara resmi MTQ ke-54 Kecamatan Kateman tahun 2024, disertai penampilan sholawat dan pertunjukan lainnya.


MTQ tingkat Kecamatan Kateman ke-54 ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Juli 2024, diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara warga Kecamatan Kateman. (Rep/Leman)