Breaking News

Concong Tengah Tahun 2022-2024 Analisis Data Pengukuran Stunting Kelurahan



INDRAGIRI.com, TEMBILAHAN - Prevalensi Stunting, Stunting disebabkan oleh masalah asupan gizi yang dikonsumsi selama kandungan, maupun masa balita. Kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi sebelum masa kehamilan, serta masa nifas, terbatasnya layanan kesehatan seperti pelayanan antenatal pelayanan post natal dan rendahnya akses makanan bergizi, rendahnya akses sanitasi dan air bersih juga merupakan penyebab stunting. Multi faktor yang sangat beragam tersebut membutuhkan intervensi yang paling menentukan yaitu pada 1000 HPK (1000 hari pertama kehidupan ). Salah satu dampak stunting adalah tidak optimalnya kemampuan kognitif anak yang akan berpengaruh terhadap kehidupannya ke depan. Oleh karena itu stunting merupakan prediktor buruknya kualitas sumber daya manusia yang selanjutnya akan berpengaruh pada pengembangan potensi bangsa.


Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis pada balita yang menyebabkan gangguan pertumbuhan linear (RPL). Menurut WHO Child Growth Standart stunting didasarkan ada pada pengukuran panjang badan atau tinggi badan menggunakan batas Z score dengan indeks panjang badan dibanding umur (PB/U) atau tinggi badan dibanding umur (TB/U) <-2 SD. Keputusan Menteri Kesehatan No.2 Tahun 2020 Tentang Standar Antorpometri penilaian status gizi anak dibedakan menjadi 2 yaitu stunted (pendek/z score <-2SD) dan severely stunted (sangat pendek/z score <-3SD. Periode 0-24 bulan merupakan periode yang menentukan kualitas kehidupan sehingga disebut dengan periode emas. Periode ini merupakan periode yang sensitif karena akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini akan bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi. Untuk itu diperlukan pemenuhan gizi yang adekuat pada usia ini.


Indonesia menduduki peringkat ke lima dunia dan tertinggi di Asia Tenggara untuk jumlah anak dengan kondisi stunting. Prevalensi stunting di Indonesia menempati peringkat kelima terbesar di dunia. 


Analisis Data Stunting Kecamatan Concong Luar Tahun 2022-2024

1. Angka Prevalensi Stunting Perdesa  

- [ ] Concong luar dengan sasarn 107, di timbang 122, dan stunting 5.

- [ ] Concong tengah dengan sasaran 95, ditimbang 116, dan stunting 2.

- [ ] Kampung baru dengan sasaran 88, ditimbang 98 dan stuntung 3.

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close