Breaking News

Pasangan Abdul Wahid-SF Hariyanto Ungguli Survei Elektabilitas Pilgub Riau 2024

 


INDRAGIRI.com, PEKANBARU – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Nomor Urut 1, Abdul Wahid-SF Hariyanto, unggul atas dua pasangan lainnya, Syamsuar-Mawardi Saleh (Suwai) dan M Nasir-M Wardan (Nawaitu), menurut hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilakukan pada 5-12 Oktober 2024.

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas pasangan Abdul Wahid-SF Hariyanto (Bermawah) mencapai 35,2 persen, mengungguli pasangan Suwai dengan 22,2 persen, dan pasangan Nawaitu yang hanya mencapai 13 persen.

Direktur SIGI LSI Denny JA, Ardian Sopa, menyampaikan bahwa hasil survei menunjukkan selisih elektabilitas yang cukup signifikan. "Pasangan Abdul Wahid-SF Hariyanto unggul dengan selisih 13 persen dari pasangan Suwai, dan 22,2 persen dari pasangan Nawaitu. Jika pemilihan dilakukan hari ini, kita sudah bisa memprediksi siapa Gubernur Riau selanjutnya," ujarnya saat merilis hasil survei di Pekanbaru, Kamis (17/10/2024).

Ardian menjelaskan beberapa faktor yang memengaruhi keunggulan pasangan Abdul Wahid-SF Hariyanto. Salah satunya adalah Abdul Wahid menjadi pilihan tertinggi sebagai calon Gubernur Riau dengan 34 persen, diikuti oleh Syamsuar dengan 22,8 persen, dan M Nasir dengan 10,8 persen.

Selain itu, SF Hariyanto juga menempati posisi teratas sebagai calon Wakil Gubernur Riau dengan 29,8 persen, dibandingkan dengan Mawardi Saleh yang mendapatkan 17,3 persen, dan M Wardan yang memperoleh 15,3 persen.

"Keunggulan Abdul Wahid dan SF Hariyanto dalam kelompok masing-masing, baik sebagai calon Gubernur maupun Wakil Gubernur, menjadi faktor utama elektabilitas mereka yang lebih tinggi dibandingkan paslon lainnya," tambah Ardian.

Dengan sisa suara sebesar 27,9 persen yang belum memutuskan pilihan, pasangan Abdul Wahid-SF Hariyanto masih memiliki peluang besar untuk memperkuat posisinya menjelang pemilihan pada 27 November 2024. **


0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close